CUKUP 1 LITER HERBAFARM / 1 Ha LAHAN untuk Budidaya Padi

anda akan mendapatkan kelebihan dan keuntungan,
baik kuantitas maupun kualitas yang FANTASTIS.

ANDA SIAP MENCOBA ?


Perbedaan Makanan Organik atau an-organik di Super market



Ada 3 cara untuk memahami bahan pangan segar di swalayan atau di supermarket apakah bahan tersebut benar-benar produk organik, tidak/belum organik.

  1. Mengecheck data pada Label.cari label yang mencantumkan daftar komposisi nutrisinya. semestinya kalau bahan organik akan di cantumkan kandungannya paling tidak 90 persen.
  2. Apa ada Sertifikasi Organiknya. Logo atau sertifikat yg dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang dalam sertifikasi kandungan organik.
  3. MeLihat ciri-cirinya. bahan organik yang segar (misalnya sayur & buah) umumnya penampilan tidak sempurna. terKadang ada lubang-lubang bekas dimakan ulat, akan tetapi biasanya bahan tersebut berwarna lebih kontras. Contohnya buah, umumnya mempunyai warna lebih kontras & tidak mengilat. Biasanya apa bila dijumpai kondisi kulit yang Mengkilat kemungkinan buah itu sdh dilapisi lilin biar awet.

Bila ternyata dalam kemasannya produk organik tdk dijumpai label organik, tentunya akan sulit bg orang awam untuk membandingkannya dgn produk yg an-organik. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar tahu ciri-ciri fisik yang membedakan produk organik atau an-organik.

salah satu ciri bahan pangan organik yang biasanya dijumpai pada sayuran adalah adanya Lubang-lubang di lembar daunnya sayuran. Hal ini disebabkan pola pertanian Organik tidak menggunakan pestisida. Sehingga ulatpun mau memakan daunnya. Jika di beri pestisida ulat tidak akan suka dan tentunya akan beracun. walau terdapat lubang-lubang, penampilan sayuran organik biasanya berwarna menarik, kontras, & segar.

Cita Rasa yg dihasilkan pun berbeda dgn produk pertanian biasa( pertanian non organik). Misalnya bayam jepang yg ditanam dengan cara organik (pola tanam organik) memiliki cita rasa lebih renyah & tidakk terlalu menimbulkan bau. Begitu pula buah-buahan, misalkan apel rasanya akan lebih manis jika ditanam secara organik dibandingkan apel yg ditanam an-organik.

Beberapa konsumen produk organik mengakui rasa wortel organik lebih lezat & tidak berbau. Bahkan, ketika diolah jadi jus, wortel rasanya lebih nikmat. Dan tidak perlu diberi campuran bahan lain untuk menghindari bau wortel yang banyak orang tidak menyukainya. Contoh lain beras organik, lebih tahan lama & tak mudah basi ketika dimasak menjadi nasi.

Dgn kebiasaan mengkonsumsi makanan organik, sebenarnya merupakan investasi kesehatan untuk bekal di masa depan agar terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan kandungan racun yang terdapat dalam makanan , misalnya penyakit jantung , diabetes, hipertensi, kanker, ginjal , dan sebagainya. Gaya hidup organik merupakan pencegahan penyakit sejak dini, karena pada dasarnya makanan itu juga mengandung obat-obatan alami juga. Cuma diKarenakan penggunaan zat-zat kimia dalam pola tanamnya menyebabkan bahan makanan malah berubah menjadi salah satu faktor manusia rentan terhadap penyakit. Kalaupun terserang penyakit , orang yang bergaya hidup organik tidak lah separah kondisi orang yang terbiasa makan makanan an-organik.

Oleh sebab itu, dibutuhkan kesadaran bersama seluruh komponen bangsa, untuk mengkampanyekan penggunaan pupuk organik, program-program pemerintah menuju indonesia go organik juga harus didukung secara menyeluruh dan secara terus-menerus diperjuangkan, agar pertanian organik benar-benar terwujud di Indonesia.